Rabu, 13 Maret 2013

Cara Menanam Sayur di Pot atau Polibag

Cara Menanam Sayur di Pot atau Polibag
Ada beberapa sayuran yang dapat kita tanam di Pot atau Polibag diantaran Bayam, Sawi, Tomat, Seledri, Cabai, dan Kangkung dll. aneka tanaman tersebut biasanya anda dapat di Swalayan atau di Pasar. namun apabila anda ingin anda bisa mendapatkan Sayuran tersebut di halaman rumah kita caranya sangat mudah. begini canyanya  :
  1. Siapkan Pot atau Polibag ( usahakan Ukuranya Jangan terlalu kecil )
  2. Siapakan Media Tanam ( tanah yang sudah di campur pupuk kandang ) supaya media tanam anda tepat ikuti cara saya membuat media tanam
  3. Siapkan Bibit Sayuran yang ingin anda tanam ( bisa anda beli di toko pertanian )
  4. Seprotan tangan ( biasanya digunakan untuk memandikan burung )
Setelah ketiga hal tersebut maka anda sudah bisa memulai melakukan penanaman. ada yang bisa anda tanam langsung diantaranya bayam dan kangkung namun adapula yang harus di semai lebih dulu diantaranya Terong, Cabai, sawi, dan Tomat.

Cara Menyemai Tanaman Sayur
  1. Masukan media tanam ( tanah ) kedalam pot.
  2. Taburkan bibit sayur di dalam pot ( jangan terlalu rapat )
  3. Tutupi  / taburi media tanam ( tanah ) tipis diatas bibit
  4. Embuni pakai semprotan air
Tunggu beberapa hari maka akan muncul kecambah setelah beberapa hari kemudian kecambah tersebut akan terlihat dua sampai tiga daun muda berarti bibit sudah siap dipindah ke pot

cara memindah tanaman dari semaian cukup mudah Pot yang sudah terisi media tanam ( tanah ) kita beri lubang anda tusuk aja pakai kayu besarnya sekitar ibu jari orang dewasa dalamnya sekitar 3 sampai 4 cm. masukan bibit dari penyemaian tersebut tutup dengan tanah kembali lubang yang telah terisi bibit.
selesai anda tinggal menunggu perkembangan apabila pertumbuhanya kurang bagus maka anda hanya perlu menambahkan pupuk NPK, setiap 1 pot 1 sendok makan NPK.

Selamat sekarang anda bisa mendapatkan sayur yang masih segar di rumah anda sendiri tidak perlu lagi repot belanja ketempat lain dan kini rumah anda selain lebih nyaman di pandang juga segar karena suplay oksigen dari tanaman sayur anda.

Terima kasih telah mampir di Website ini. saya akan menghargai setiap saran anda. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar